Christina Maria Aguilera

 
Christina Maria Aguilera
(lahir di Pulau Staten, New York, Amerika Serikat, 18 Desember 1980 ) seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika yang terkenal kemampuan vokal dan gaya busananya yang eksentrik atau seksi.
Gaya busananya banyak ditiru sebagian artis lain dan muda-mudi di beberapa negara. Banyak kalangan membandingkan suaranya dengan penyanyi ternama Mariah Carey dan Whitney Houston.

Christina memiliki empat single yang mencapai nomor satu di daftar Billboard Hot 100, antara lain :
Genie In A Bottle (1999)
What A Girl Wants dan Come On Over Baby (All I Want Is You) (2000)
Lady Marmalade (2001).
Selain menempatkan 4 single di posisi puncak, Christina Aguilera juga menempatkan beberapa singlenya di posisi top ten, antara lain:
I Turn To You (2000)
Beautiful dan Ain't No Other Man (2006)
Keeps Gettin' Better (2008).

Debut album perdananya yaitu Christina Aguilera (1999) & Back to Basics (2006) turut menduduki urutan pertama di daftar 200 album terlaris versi Billboard Music Chart dgn angka penjualan masing-masing lebih dr 250.000 keping & 346.000 keping dlm kurun waktu 1 minggu sejak album tersebut dirilis ke pasaran USA.
Album kedua Christina, Stripped (2002) menduduki peringkat ke2 dgn angka penjualan lebih dr 330.000 keping, sedangkan album natal pertamanya yaitu My Kind of Christmas (2000) cuma berhasil menduduki posisi 28.
Mi Reflejo yang diluncurkan pd tahun 2000 juga berhasil ada di posisi puncak penjualan album terlaris versi Billboard Latin Album.

Selama perjalanan kariernya, Ia telah mendapat 18 kali nominasi, baik Grammy Awards maupun Latin Grammy Awards.
Christina memperoleh 4 Grammy Awards untuk kategori Best New Artist (2000), Best Female Pop Vocal Performance (Beautiful-2004 dan Ain't No Other Man-2007) & Best Pop Collaboration with Vocals bersama P!nk, Li'l Kim dan Mya untuk single Lady Marmalade pada tahun 2002.
Pada ajang Latin Grammy Award, Ia juga berhasil peroleh penghargaan untuk kategori Best Female Pop Vocal Album (2001) untuk debut album berbahasa latin pertamanya yaitu Mi Reflejo.

Pada tahun 2008, Ia merilis album terbaiknya berjudul Keeps Gettin' Better - A Decade of Hits. Album tersebut telah dirilis 11 November 2008. Album tersebut berisi beberapa single terbaiknya, mulai dari debut album Christina Aguilera (1999), Stripped (2002) & Back to Basics (2006). Keeps Gettin' Better menjadi single pertama yang dirilis dari kompilasi album terbaiknya ini. Selain itu, Ia juga merekam lagu baru lainnya berjudul Dynamite yang akan menjadi single kedua dari kantung album Keeps Gettin' Better - A Decade of Hits. Ia juga merekam ulang 2 lagu terdahulunya yaitu Genie In A Bottle dan Beautiful dengan aransemen musik baru.

Sampai saat ini, Ia telah menjual albumnya lebih dari 63 juta keping di seluruh dunia. Tahun 2008 lalu, nama Christina Aguilera diabadikan di Hollywood Walk of Fame Los Angeles, AS disejajarkan dengan sejumlah public figure lainnya.

Dari 1993 hingga 1994, Ia juga bergabung dlm The Mickey Mouse Club Baru Disney Channel. Setelah berhasil merekam salah satu Mulan soundtrack "Reflection", Ia mendapat kesepakatan dengan RCA Records & mulai jadi artis populer setelah dirinya rilis album berjudul "Christina Aguilera" pada tahun 1999.

Christina Aguilera adalah anak Fausto Wagner Xavier Aguilera, Sersan Angkatan Darat AS. Ketika Christina berusia 7th, orangtuanya bercerai, dgn demikian, ia, kakaknya, dan ibunya, harus hidup dgnn nenek mereka di Pennsylvania. Ia tak memiliki hubungan yang dekat dengan ayahnya karena sifat kasar, dan bahkan berbicara tentang kesulitan dirinya selama masa kanak-kanak dalam lagu ia menulis misalnya "Oh Mother", "I'm OK", dll
Debut album Christina adalah sukses komersial, terutama karena tiga single yang berubah nomor satu di Billboard Hot 100.
Pada tahun 2001, Aguilera memperkenalkan sebuah album pop Latin berjudul: "Mi Reflejo" yang juga membantu membuat Ia bintang internasional. Pada tahun 2002, sophomore album bahasa Inggris-nya "Stripped" dirilis, bersama dengan single "Beautiful" yang juga sukses. Album ketiganya: "Back to Basics" diluncurkan pada tahun 2006, dan merupakan kombinasi dari blues, jazz, dan soul, tapi tidak sesukses album debutnya.
Aguilera menikah dengan seorang eksekutif rekaman, Jordan Bratman pada 19 November 2005. Putra pertama mereka, Max Liron Bratman, lahir pada tanggal 12 Januari 2008. tapi, Oktober 2010 Lalu, mereka berpisah. ada yang berpendapat bahwa Christina Aguilera adalah seorang lesbian (penyuka perempuan sesama jenis), tetapi Christina Aguilera membantah rumor tersebut.

Pengalaman paling kontroversial Christina adalah: berpose di telanjang untuk majalah GQ di tahun 2006, dengan gaya menembak. terinspirasi oleh gambar-gambar telanjang Marilyn Monroe. kekecewaan Christina terhadap Mariah Carey, yang ia menyatakan, tidak pernah baik padanya, bahkan mengatakan hal buruk tentang dia ketika Mariah mabuk di sebuah pesta.

November 2010 , Christina Aguilera memulai film perdananya dalam film Burlesque yang disutradarai dan ditulis oleh Steven Antin. yang dibintangi oleh Christina Aguilera, dan Cher.



banyak penghargaan yang didapat dalam film ini,
pada tahun 2010 mendapatkan Award NewNowNext Awards Category best future feature , Satelite Award, Phoenix Film Critics Society Awards, dll
2011, Golden Globe Awards Category best Original Song, Golden Raspberry Awards, dll.

credit to AnggaArthaPutra@kaskus

Penulis : rvd ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Christina Maria Aguilera ini dipublish oleh rvd pada hari Jumat, 27 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Christina Maria Aguilera
 

0 komentar:

Posting Komentar

advertise