Laura Marling




Birth Name: Laura Beatrice Marling
Born: February 1st, 1990
Origin: Eversley, Hampshire, England
Genres: Folk, Folk Rock
Label: Virgin Records

Biografi


Lahir di tahun 1990, Laura Marling adalah seorang folk singer/songwriter asal Eversley, Hampshire, Inggris. Ia terkenal dengan melodinya yang khas serta lirik-liriknya yang puitis dan dewasa untuk perempuan seumurnya.

Awalnya Laura merupakan salah satu line-up dari band indie folk Noah and the Whale, tetapi keluar sebelum mereka sempat merilis album pertamanya. Ia merilis EP perdananya London Town lewat WayOutWest Records sebelum kemudian merilis albumnya yang pertama, Alas I Cannot Swim di 2008 saat masih berumur 18 tahun. Ia sering melakukan tur bersama beberapa musisi indie lainnya dan bahkan pernah tidak diperbolehkan masuk ke salah satu gignya dia sendiri karena masih dibawah umur.

Di tahun 2010, ia merilis album keduanya, I Speak Because I Can. Album keduanya ini dianggap mempunyai tone yang bahkan lebih dewasa daripada album sebelumnya. Album ini melahirkan tiga single yaitu Goodbye England, Devil's Spoke, dan Rambling Man. I Speak Because I Can sempat menjadi #1 di Official UK Chart dan diletakkan oleh majalah The Guardian di daftar 'Albums of 2010' di nomor 8. Background vokal album ini dinyanyikan oleh Marcus Mumford, vokalis dari Mumford & Sons.

Laura pernah dua kali mendapatkan nominasi untuk Mercury Prize, sebuah award yang diberikan untuk album terbaik di United Kingdom dan Ireland, satu nominasi untuk masing-masing album di 2008 dan 2010. Selain itu ia juga memenangkan kategori Best Female Solo Artist di BRIT Awards 2011, mengalahkan nama-nama lain yang jauh lebih terkenal seperti Ellie Goulding dan Cheryl Crow. Yang menarik adalah kategori Best Female Solo Artist ini baru pertama kalinya dimenangkan oleh musisi yang relatif kurang populer seperti Laura Marling, sebelum-sebelumnya pemenangnya selalu jatuh ke nama-nama terkenal seperti Duffy, Lily Allen, Amy Winehouse, atau KT Tunstall.

Di tahun 2010 kemarin Laura juga pernah melakukan tur ke India bersama band indie folk Mumford & Sons, dimana disana dia dan Mumford berkolaborasi dengan musisi lokal Dharohar Project menghasilkan sebuah EP bernama Dharohar Project, Laura Marling and Mumford & Sons. EP ini merupakan sebuah kombinasi unik yang menarik antara musik folk Inggris dengan musik tradisional India.

Discography
Albums
2008 - Alas I Cannot Swim
2010 - I Speak Because I Can
2011 - A Creature I Don't Know

EPs
2007 - My Manic and I
2008 - London Town
2008 - Cross Your Fingers
2010 - Mumford and Sons, Laura Marling and Dharohar Project

Singles
2008 - Ghost
2008 - Cross Your Fingers
2008 - Night Terror
2009 - Goodbye England (Covered in Snow)
2010 - Devil's Spoke
2010 - Rambling Man
2011 - Sophia
2011 - All My Rage

 

credit to sylentsward@kaskus

Penulis : rvd ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Laura Marling ini dipublish oleh rvd pada hari Jumat, 27 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Laura Marling
 

0 komentar:

Posting Komentar

advertise